Wilujeng Sumping

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Tifunk

Bovenk

Translator

Asal kata nama-nama Hari

Minggu, 30 Oktober 2011

Minggu adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo. Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu.[1] Baru sekitar akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, kata ini dieja sebagai Minggu.
Kata minggu (m dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh ari.
Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab. Nama lain lagi untuk hari ini adalah Aditya, Raditya, Redite atau Dite yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti matahari, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Hari Minggu adalah sebuah hari libur di negara-negara Barat maupun di beberapa negara di Bumi belahan Timur. Bagi umat Kristen, hari Minggu merupakan hari untuk beristirahat dan beribadah. Hari Minggu adalah hari untuk beristirahat dan beribadah kepada dewa matahari dalam agama pagan.

Senin adalah hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin atau Isnain diambil dari bahasa Arab yang berarti dua.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Soma, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti bulan, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Hari Senin adalah hari pertama masuk kerja. Senin juga merupakan hari pertama dalam minggu menurut ISO 8601. Dengan demikian menjadikan jumlah maksimum minggu dalam setahun adalah 54 minggu.

Selasa adalah hari ketiga dalam satu pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Anggara, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Mars, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Rabu adalah hari keempat dalam satu pekan. Kata rabu diambil dari bahasa Arab yang berarti empat.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Budha, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Merkurius, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Hari Rabu adalah tepat di pertengahan pekan.

Kamis adalah hari kelima dalam satu pekan. Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab yang berarti lima.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Wrehaspati, Wrespati atau Respati yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Yupiter, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu'ah yang berarti ramai.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Sukra, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Venus, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Pada hari Jumat umat Muslim beribadat di mesjid dengan melaksanakan Salat Jumat yang beribadah beragama Islam bersembayang pergi ke Mesjid.

Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan. Kata sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabbat (שבת) yang berarti "dia berhenti".

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Saniscara, yang diambil dari bahasa Sansekerta dan berarti planet Saturnus, mirip dengan pengertian dalam beberapa bahasa-bahasa di Eropa.

Selain itu ada lagi kata dalam bahasa Jawa, yaitu tumpek. Di Bali tumpek adalah hari sabtu kliwon.

Hari Sabtu adalah hari istirahat dan hari beribadatnya umat Yahudi. Sabtu adalah Hari Ketujuh Sabat. Hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya (Alkitab). Hari Sabat diciptakan untuk umat Kristiani dan Yahudi (Keluaran 20:8-11). Pada abad pertama Umat Kristen menguduskan Sabtu. Semua itu mulai dilupakan sejak Constantin mengubah Hari Sabat dari Hari Sabtu ke Hari Minggu. Constantin membuat Hari Minggu sesuai kepercayaan Romawi (Hari penyembahan Dewa Matahari). Itulah sebabnya Umat Kristen sekarang menguduskan Hari Minggu. Hanya ada beberapa denominasi Kristen yang menguduskan Hari Sabtu (Sabat) yaitu Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Yesus Sejati, Baptis Hari Ketujuh, United Church of God , an International Association, Messianic Judaism (Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi/Tuhan), Gereja Ortodoks Ethiopia Tewahedo, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Gereja Unitarian Indonesia).

2 komentar:

Poskan Komentar

 

Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun

Video

Loading...

Letak Posisi Anda Sekarang