Wilujeng Sumping

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Tifunk

Bovenk

Translator

Pengertian ; Hacker, Cracker, Spamer

Minggu, 09 Januari 2011

PENDAHULUAN

Kemajuan teknologi tidak terlepas dari sisi baik dan sisi buruk. Di suatu sisi kemajuan teknologi sangat berguna untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Di sisi lain, juga menyebabkan bertambahnya jenis kejahatan baru, yang biasa disebut “cyber crime”.

Jenis kejahatannya pun beragam. Mulai dari sniffing, internet abuse, cracking, spamming, carding dan sebagainya. Mulai dari coba-coba sampai dengan ketagihan.

ISI

1. Hacker

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.

Hacker di klasifikasikan sebagai berikut :

a. White Hats

White Hats merupakan hacker yang bekerja sebagai system analist,system administrator maupun security analist. White hats bekerja dalam sistem dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjaga sistem agar tetap bekerja dengan baik dan tidak diacak-acak oleh orang lain. White Hats hackers rata-rata memiliki sertifikat kode etik hacker, misalnya CEH (Certified Ethical Hacker)

contoh : seseorang yang melakukan analisa keamanan sebuah website, lalu dia tidak merubah atau merusak website tersebut, tetapi ia melaporkan bug atau celah keamanan yang ia temui kepada admin websiter tersebut

b. Gray Hats

Gray Hats merupakan hacker yang bekerja offensivelly dan defensivelly. Gray Hats merupakan orang yang melakukan attacking terhadap sistem yang juga bekerja untuk membuat pertahanan terhadap sistem. Hacker tipe ini merupakan hacker yang membobol sistemnya untuk mendapatkan bugs dan lubang dari sistemnya yang kemudian mempelajari dan menutup lubang tersebut.

contoh : seseorang yang melakukan analisa keamanan dengan melakukan penerobosan pada keamanan sebuah website, lalu dia bisa merusak, dan kadang-kadang juga melaporkan yang dia temui kepada administrator

c. Black Hats

Black Hats merupakan hacker yang hanya bekerja sebagai attacker dan mengambil manfaat terhadap sistem yang diserangnya. Black hats merupakan hacker yang merusak sistem atau sering juga disebut sebagai cracker. Contoh aksi yang dilakukan oleh hacker Black Hats antara lain membobol situs perbankan, mengambil account (Carding), dsb.

contoh : seseorang yang melakukan penerobosan keamanan sebuah website, lalu menggunakan informasi yang ia dapat untuk keuntungan diri sendiri, seperti pencurian informasi kartu kredit, defacing halaman web

d. Suicide Hacker

Suicide Hacker merupakan hacker yang bekerja persis seperti Black Hats Hacker, bersifat destruktif dan tidak peduli terhadap ancaman yang akan menimpa nya. Rata rata suicide hacker merupakan orang yang tidak memiliki tujuan yang jelas, hanya membobol, mengambil keuntungan, ingin terkenal dan tidak takut terhadap hukum.

contoh : sama dengan black hat, tetapi ini jauh lebih agresif, dan biasanya membuat sebuah tantangan kepada administrator maupun pihak kepolisian

2. Cracker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Cracker termasuk di dalam hacker (Black hats hacker dan Suicide hacker). Tetapi cracker sifatnya merusak. Menggunakan ilmu yang mereka miliki untuk melakukan perusakan atau merugikan orang lain.

contoh : seperti pencurian informasi kartu kredit, defacing halaman web, phising, dll

3. Spam

Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam e-mail, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa e-mail berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan perantara (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

contoh : spam comment blog, spam email

spam

4. Spyware

Spyware yang juga dikenal dengan nama “adware”, adalah semacam program tersembunyi yang berfungsi mengirim informasi mengenai komputer yang terinfeksi melalui komunikasi internet ke si pembuat spyware ini. Biasanya spyware otomatis terinstall (terpasang) di komputer kita secara otomatis akibat kita mendownload software tertentu atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs.

Spyware menjadi berbahaya karena saat ini Spyware tidak hanya sebagai pengirim info tersembunyi saja, tapi juga menginstall (memasang) semacam program khusus (sering disebut ‘trojan’) yang pada akhirnya si pemilik Spyware bisa memata-matai segala aktivitas yang kita lakukan di internet tanpa sepengetahuan kita.

Cara mencegah masuknya Spyware

Untuk memburu spyware, dapat menggunakan progam anti-spyware yang banyak tersedia di internet (naik yang gratis maupun yang berbayar). Contohnya AVG AntiSpyware.

contoh : trojan, worm, dll

PENUTUP

Kejahatan komputer adalah tindakan pidana kriminal yang dilakukan pada teknologi internet (cyberspace), baik yang menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace ataupun kepemilikan pribadi Kejahaatan komputer biasanya dipengaruhi beberapa faktor dari segi ekonomi, politik, intelektual.

Seharusnya ilmu pengetahuan yang dimiliki digunakan untuk hal-hal yang berguna bagi orang lain. Sehingga ilmu yang dimiliki tidak digunakan untuk hal-hal yang bisa merugikan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun